Header Ads

Breaking News
recent

ARTIKEL KKN MAHASISWA DAN MAHASISWI PROGRAM STUDI STATISTIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNLAM BANJARMASIN

 ODGJ DI KELURAHAN SUNGAI JINGAH MERESAHKAN PARA WARGA MEMBAWA SENJATA TAJAM

 





Kelurahan Sungai Jingah, Rabu, 5 Juli 2023 - Diketahui berdasarkan laporan salah satu warga ke Kelurahan Sungai Jingah, adanya perbuatan yang meresahkan dan membuat cemas warga sekitar diakibatkan Orang Dengan Gangguan Jiwa yang membawa senjata tajam. Kejadian ini menimbulkan kekhawatiran serius bagi keselamatan dan keamanan masyarakat setempat. Pelaku diketahui bernama Udin (50-an tahun), warga Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kalimantan Selatan. Penangkapan ODGJ dilakukan oleh Satpol PP Banjarmasin, pegawai Kelurahan Sungai Jingah, dan BPK Banjarmasin pada Rabu (5/7/2023). Penangkapan ini merupakan penangkapan ODGJ ketiga kali di Kelurahan Sungai Jingah.


Ketua Dewan Kelurahan Sungai Jingah, Bapak Noormansyah mengatakan, dari keterangan warga saat pergi keluar rumah pelaku menenteng senjata tajam yaitu parang. Hal tersebut sangat membuat resah masyarakat akan keberadaan pelaku. “Penyebab pelaku mengalami gangguan jiwa adalah pergaulan dengan mabuk-mabukan,” ujarnya, Kamis (6/7/2023). Pasca kejadian itu, warga langsung melapor kejadian tersebut ke Ketua RT kemudian dari RT laporan Kelurahan Sungai Jingah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Banjarmasin selanjutnya dari Dinsos  diwakili oleh TKSK Banjarmasin Utara. “Setelah ditangkap pelaku dibawa ke RSJ Sambang Lihum,” Ujar Bapak Noormansyah.


Warga di sekitar Kelurahan Sungai Jingah merasa lega setelah pria tersebut berhasil diamankan tanpa ada korban atau kejadian yang merugikan. Namun, insiden ini menjadi peringatan penting bagi masyarakat tentang pentingnya kesadaran dan peran bersama dalam mendukung pelayanan kesehatan mental dan memberikan perhatian lebih terhadap individu yang mungkin mengalami masalah kesehatan jiwa. Pihak Satpol PP mengingatkan warga untuk selalu berkoordinasi dengan pihak berwenang jika menemui situasi yang mencurigakan atau berpotensi membahayakan keselamatan publik. Kolaborasi dan kepedulian dari seluruh masyarakat akan membantu menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi semua warga Kelurahan Sungai Jingah.

 

  Penulis: Tri Afrianti, Mahasiswa Program Studi Statistika ULM

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.