Header Ads

Breaking News
recent

ARTIKEL KKN MAHASIWA DAN MAHASISWI PROGRAM STUDI STATISTIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNLAM BANJARMASIN


 

MAHASISWA KKN-PPM DARI UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT TIBA DI KELURAHAN SUNGAI JINGAH MEMBAWA SEMANGAT DAN PROGRAM UNGGULAN




Kelurahan Sungai Jingah, Senin, 3 Juli 2023 - Kelurahan Sungai Jingah Kota Banjarmasin menerima kedatangan kelompok mahasiswa KKN Universitas Lambung Mangkurat pada Senin (3/7.2023). Kedatangan kelompok mahasiswa KKN-PPM dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) disambut dengan ramah oleh lurah dan perangkat Kelurahan Sungai Jingah pada Senin (3/7/2023). Pertemuan tersebut didampingi oleh Ibu Selvi Annisa S.Si., M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Beliau berharap kelompok mahasiswa KKN-PPM dapat diterima dengan baik oleh perangkat kelurahan dan masyarakat Sungai Jingah. Sementara itu, Lurah Sungai Jingah, Jainuddin, S.Sos menyampaikan apresiasi dan harapannya atas kontribusi mahasiswa dalam memajukan kelurahan. Selain itu, Bapak lurah juga sangat berharap mahasiswa KKN-PPM dapat berkontribusi dalam berbagai kegiatan masyarakat Sungai Jingah dengan berbagi pengetahuan yang dimiliki. Kelompok KKN-PPM Sungai Jingah terdiri dari 11 orang yang berasal dari Program Studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Kegiatan KKN-PPM tersebut bertema “Peningkatan Life Quality Melalui Health and Family Life” yang berlangsung selama 28 hari dari tanggal 3 Juli hingga 31 Juli 2023.


Kegiatan KKN ini bertujuan untuk meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat; menerapkan IPTEKS dan kewirausahaan, menanamkan nilai-nilai nasionalisme, kepribadian, keuletan, etos kerja, tanggung jawab, kemandirian, kepemimpinan, dan kewirausahaan, jiwa penelitian dan pengabdian. Selain itu, mahasiswa KKN diharapkan mampu membantu program pemerintah melalui program kemanusiaan dalam bentuk edukasi kesehatan maupun aktivitas sosial dan mampu melaksanakan dan menerapkan IPTEKS dalam membantu meningkatkan life quality berdasarkan pengalaman dan background disiplin ilmunya. Ketua kelompok KKN-PPM Sungai Jingah, saudari Putri Amirul Isnaini mengungkapkan bahwa terdapat beberapa program kerja yang telah direncanakan seperti validasi data kependudukan, lomba statistika, gotong royong, program UMKM masyarakat, posyandu balita serta remaja, dan lainnya.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lambung Mangkurat juga menegaskan bahwa kehadiran mahasiswa ini tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar kelurahan, tetapi juga menjadi pengalaman berharga bagi para mahasiswa untuk memahami dan beradaptasi dengan kondisi sosial dan budaya di lingkungan masyarakat. Dengan semangat dan dedikasi para mahasiswa KKN-PPM, diharapkan program kerja yang dijalankan selama satu bulan ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi Kelurahan Sungai Jingah. Semoga kolaborasi ini menjadi langkah awal yang membawa berkah dan kesejahteraan bagi masyarakat Kelurahan Sungai Jingah.

 

Penulis: Isqi Azzahra, Mahasiswa Program Studi Statistika ULM

 


 


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.